Mengenal Jenis-Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Mengenal Jenis-Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Others

Cloud computing, apa itu? Secara istilah, ini bisa diartikan sebagai komputasi awan yang sebenarnya adalah kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis intenet. Ada beberapa jenis layanan yang bisa ditemukan dalam sistem komputasi awan ini. Apa saja?

  1. Software as a Service (SaaS)

Model layanan pertama yang diberikan dari komputasi awan ini dikenal dengan nama Software as a Service atau sering disingkat dengan SaaS. Pada layanan yang satu ini, salah satu layanan yang digunakan adalah perangkat lunak yang telah disediakan sebelumnya. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu tahu bahwa software itu bisa dipakai.

Ada banyak software yang bisa digunakan dalam layanan ini. Misalnya saja email publik yang terdiri dari Gmail, YahooMail, dan Hotmail. Untuk sosial media, ada yang namanya Facebook, Twitter dan masih banyak lagi. Ada juga instant massaging yang terdiri atas Yahoo Messenger, Skype, Line, WhatsApp dan lainnya.

Dalam perkembangannya, perangkat lunak tersebut tak hanya bisa dinikmati dengan cara menginstalnya terlebih dulu di perangkat Anda, namun Anda juga bisa menggunakannya lewat komputasi awan ini saja. Keuntungan yang bisa didapat, Anda taik perlu membeli lisensi alias hanya tinggal terkoneksi ke internet saja untuk bisa menggunakannya.

  1. Platform as a Service (PaaS)

Lalu, layanan kedua yang bisa Anda dapatkan dari komputasi awan ini adalah Platform as a Service atau disebut juga dengan Paas. Layanan yang satu ini bila dianalogikan akan seperti rumah bagi para pengikutnya. Sedangkan pengikutnya itu sendiri terdiri dari sistem operasi, network, databse engine, framework aplikasi dan masih banyak lagi.

Fungsi rumah tersebut adalah untuk menjalankan berbagai aplikasi yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, Anda tak perlu pusing lagi menyediakan rumah bila menggunakan layanan ini. Biasanya, layanan dari PaaS ini sudah disediakan oleh si penyedia layanan. Kok, bisa? Analoginya, Anda menyewa kamar hotel dan tinggal di hotel tanpa peduli perawatannya.

Saat ini, ada banyak penyedia PaaS yang bisa Anda temukan. Beberapa di antaranya adalah Amazon Web Service, Windows Azure, dan masih banyak lagi. Keuntungan menggunakan ini adalah Anda bisa fokus menggunakannya tanpa perlu memikirkan operasional dari rumah aplikasi tersebut.

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Terakhir adalah Infrastructure as a Service atau IaaS. Ini adalah layanan cloud computing di mana Anda bisa menyewa infrastruktur IT seperti komputasi, penyimpanan, memori dan jaringan. Anda bisa menggunakan IaaS ini sesuai dengan kebutuhan asal bisa menginstal sistem operasi dari aplikasinya saja.

Ada beberapa contoh penyedia layanan IaaS ini seperti Amazon EC2, Windows Azure, TelkomCloud, BizNetCloud dan lain sebagainya. Keuntungan menggunakan ini adalah Anda tak perlu lagi punya komputer fisik. Cukup dengan komputer virtual dengan konfigurasi yang telah benar, Anda bisa menggunakannya.

Lintasarta sebagai Pilihan Terbaik

Bila Anda bingung dengan dengan pilihan dari komputasi ini, Anda bisa percayakan pada penyedia layanan Lintasarta saja. Lintasarta menawarkan solusi untuk web hosting hingga konsolidasi data center dengan biaya yang lebih hemat namun bisa membuat jaringannya tetap cepat. Ini tentunya bisa memperlancar kebutuhan Anda serta untuk bisnis juga.

Tak usah bingung lagi mencari cloud computing yang bagus, Anda bisa mempercayakannya pada Lintasarta saja. Selain harganya terjangkau, Lintasarta juga sudah berpengalaman lebih dari tiga dekade dan terbukti hasilnya terbaik. Ini tentu saja bisa memajukan dan mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih maju yang penuh dengan persaingan.