Kenali Apa Itu Kartu Identitas Anak dan Ketahui Manfaatnya

Kenali Apa Itu Kartu Identitas Anak dan Ketahui Manfaatnya

Lifestyle

Pernahkah Anda mendengar tentang Kartu Identitas Anak (KIA)? Pemerintah sudah mengimbau mengenai pembuatan kartu praktis yang multifungsi ini untuk semua anak di bawah 17 tahun. Pembuatan KIA juga cukup mudah. Berdasarkan data saat ini, daerah yang sudah menerapkan KIA adalah Depok, Malang, Bantul, Pangkal Pinang, dan Makassar.

Definisi Kartu Identitas Anak

Kartu identitas sangat penting untuk memudahkan pendataan penduduk. Karenanya, saat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan pembuatan kartu identitas untuk anak yang usianya di bawah 17 tahun, yaitu dari usia 0 sampai 17 tahun kurang 1 hari. Himbauan ini diharapkan ditaati oleh seluruh warga Indonesia demi kemudahan dalam pencatatan sipil.

Kartu identitas untuk anak ini dibedakan menjadi dua, yaitu KIA untuk anak berusia 0 sampai 5 tahun dan KIA untuk anak berusia 5 tahun sampai 17 tahun kurang 1 hari. KIA ini memang memuat data anak secara lengkap, layaknya KTP.

KIA memuat identitas anak meliputi NIK nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, alamat, dan golongan darah. Meskipun demikian, terdapat beberapa informasi tambahan yang ada dalam KIA, yaitu nama kepala keluarga, nomor akta kelahiran, dan batas berlakunya kartu.

Manfaat Kartu Identitas Anak

Setelah mengetahui apa itu kartu identitas anak dan informasi yang terdapat di dalamnya, pasti Anda bertanya-tanya mengenai manfaatnya. Sesuai dengan namanya, jadi KIA ini mempunyai fungsi utama sebagai kartu identitas seperti halnya KTP. Jika sudah mempunyai KIA, semua proses pencatatan sipil dan pelayanan publik kepada anak bisa lebih mudah.

Dengan membawa KIA, Anda tidak perlu lagi membawa salinan KK atau akta kelahiran sebagai identitas anak saat mengurus berbagai keperluan anak. Anda bisa menggunakan KIA yang fungsinya menggantikan KK ataupun akta kelahiran. Kartu identitas ini jauh lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Tak hanya bisa digunakan sebagai kartu identitas saat ingin memperoleh layanan sipil saja. KIA ini juga berfungsi mempermudah anak mendapatkan fasilitas publik yang ekstra, seperti potongan harga di tempat wisata, minimarket, toko buku, dan berbagai tempat lain yang menawarkan promo spesial untuk anak. KIA bisa menjadi bukti identitas anak.

Berbagai kemudahan dari kartu identitas untuk anak tersebut sangat banyak. Anda tak perlu lagi repot menyiapkan berbagai berkas saat akan mengurus keperluan anak. Satu kartu tersebut bisa digunakan untuk mewakili identitas anak secara resmi.

Untuk membuat KIA, siapkan semua syarat sesuai anjuran. Anda cukup melampirkan salinan KK dan akta kelahiran untuk anak berusia 0-5 tahun, tanpa melampirkan foto. Berbeda dengan syarat pembuatan KIA untuk anak usia 5-17 tahun kurang 1 hari, harus melampirkan foto 4×6 berlatar biru untuk tahun kelahiran ganjil dan latar merah untuk tahun genap.

Ternyata kini kartu identitas tak hanya berlaku untuk penduduk yang berusia 17 tahun ke atas. Kartu identitas untuk anak juga dianjurkan untuk memudahkan pendataan dan berbagai kepentingan sipil lainnya. Sudahkah Anda membuatkan KIA untuk anak?