Cara Cek Smartphone Asli Atau Palsu Tanpa Dibongkar

Cara Cek Smartphone Asli Atau Palsu Tanpa Dibongkar

Merk smartphone di pasaran banyak sekali. Ada produk dari cina, korea selatan, amerika dan lainnya. Hal ini membuat pertumbuhan smartphone tiruan semakin tinggi. Banyak orang tak bertanggung jawab yang mencoba untuk membuat produk tiruan. Bentuk smartphone sama seperti smartphone asli. Bahkan bagi orang awam sulit membedakannya. Berikut ini cara cek smartphone asli atau palsu tanpa dibongkar yang bisa anda lakukan.

Aplikasi AIDA

Anda bisa menggunakan aplikasi AIDA untuk cek keaslian smartphone. Aplikasi ini dapat menginformasikan spesifikasi smartphone dari website resmi vendornya. Penggunaanya harus terhubung ke internet. Bila spesifikasiya tidak sesuai dengan spesifikasi resmi, berarti smartphone anda palsu. Anda bisa mengembalikan ke penjualnya

Aplikasi Ampere

Aplikasi ini tidak digunakan untuk cek keseluruhan smartphone, tetapi hanya pada chargernya. Smartphone palsu, pasti menggunakan charger yang palsu juga. Kualitasnya berbeda dengan charger asli. Instal aplikasi ampere di smartphone anda, jika arus chargernya lemah berarti chargernya palsu dan kemungkinan besar smartphone anda juga palsu.

Aplikasi AnTuTU

Aplikasi antutu tidak bisa cek keaslian smartphone sepenuhnya. Harus dibarengi dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini digunakan untuk melihat nilai antutu. Jika angkanya berbeda jauh dengan angka aslinya, maka anda patut curiga. Untuk mengucinya, anda bisa mengunakan internet.

Melalui IMEI

Selain menggunakan aplikasi, anda juga bisa cek keaslian lewat imei. Masuklah ke menu setting dan klik about atau tentang. Bisa juga dengan dial phone *#06#. Cek nomor imei di smartphone anda di website imei,info. Jika informasi smartphone anda muncul di website tersebut, berarti smartphone anda asli. Jika tidak ada, berarti smartphone anda palsu.

Kelengkapan Smartphone

Pada saat membeli smartphone, cek kelengkapan produknya. Bisa dilihat dari kabel, charger, bentuk casing dan lainya.biasanya ada sedikit perbedaan dengan produk yang asli. Misalnya bahan terlihat murahan, bentuknya tidak rapi dan lainnya.

Hati-hatilah dalam membeli smartphone. Selalu membeli di tempat resminya, sehingga keaslianya terjamin. Itulah cara cek smartphone asli dan palsu tanpa harus membongkar smartphone.